Selasa, 10 Maret 2020

Alur Perkuliahan S1 di Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau



Bismillah, Insyaallah pada kesempatan kali ini saya akan sharing --yang saya tahu-- tentang alur perkuliahan di Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (FP UIR), terkhusus di jurusan Agroteknologi.

Alhamdulillah saat ini, Jurusan yang ada di FP UIR memiliki akterditasi A. Namun, jurusan di FP UIR belum memiliki yang namanya program studi/konsentrasi keilmuan yang lebih rinci/mendalam. Seperti di kampus-kampus lain, di sana terdapat konsentrasi keilmuan contohnya di jurusan Agroteknologi seperti: Hama dan Penyakit Tanaman, Ilmu Tanah, Kultur Jaringan, Agronomi, dan sebagainya. Biasanya itu diambil di semester 5, sehingga keilmuan kita lebih rinci. Jadi, di FP UIR masih umum.

Langsung saja, biasanya kita mengambil matakuliah (MK) yang ada belajar di kelas sampai semester 7, dimana di semester 7 sangat sedikit MK yang belajar di kelas (kecuali ada mengulang/perbaikan nilai MK). Jadi, alurnya perkuliahan di FP UIR yaitu kita belajar, terus seminar proposal, lalu melakukan penelitian, lalu melakukan seminar hasil, lalu melakukan ujian komprehensif, lalu wisuda.

Mungkin itu saja, insyaallah akan update yang lainnya.

Berkomentarlah dengan bijak. Berilah kritik dan saran positif yang membangun.
EmoticonEmoticon