Senin, 15 Mei 2017

Sejarah Internet

Tags


Zaman sekarang, siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya internet ? Oke kali ini akan admin bahas mengenai internet.

1. Pengertian Internet

Menurut Wikipedia, Internet merupakan kependekan dari Interconnection-Networking. Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Jadi, menurut saya, internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung keseluruh dunia tanpa mengenal batas.

2. Sejarah Internet

Awal tujuan dibangunnya proyek ini adalah untuk keperluan militer yang saat itu terjadi peperangan. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sebuah jaringan komputer yang menghubungkan daerah-daerah vital untuk mengantisipasi serta mengatasi berbagai masalah yang timbul bila terjadi serangan nuklir dan terjadinya informasi yang terpusat, yang apabila ini terjadi dapat menyebabkan perang dapat mudah dihancurkan, karena segala informasi yang mungkin mengenai strategi peperangan dapat diketahui oleh lawan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 jaringan saja, yaitu :
- Stanford Research Institute
- University of California
- Santa Barbara
- University of Utah

Dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. ARPANET secara umum diperkenalkan tepatnya pada bulan Oktober 1972. Setelah beberapa waktu kemudian yang tidak lama, proyek ini berkembang sangat pesat di seluruh daerah tersebut, dan semua universitas yang berada di negara tersebut ingin bergabung kedalam proyek ARPANET tersebut. Hal ini membuat ARPANET kesulitan dan mengaturnya.

Karena hal itu, ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu
- MILNET
- ARPANET

MILNET digunakan untuk keperluan militer, sedangkan ARPANET digunakan dalam skala yang lebih kecil daripada MILNET yang digunakan untuk keperluan non-militer seperti, universitas. Gabungan dari kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Sekianlah Sejarah Singkat Internet. Semoga Bermanfaat. Terima kasih.

Berkomentarlah dengan bijak. Berilah kritik dan saran positif yang membangun.
EmoticonEmoticon