Senin, 15 Mei 2017

Sejarah dan Perkembangan Komputer bag. 2

Tags



Setelah sebelumnya membahas Sejarah dan Perkembangan Komputer Bag. 1, namun hanya perkembangan komputer dari generasi I hingga generasi III. Pada postingan kali ini akan dibahas perkembangan komputer dari generasi IV hingga generasi VI. Dimana postingan ini juga merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya.

4. Generasi IV
Komputer generasi IV

Komputer generasi ke empat hadir dalam ukuran yang lebih kecil dan tampilannya yang semakin elegan. Adapun ciri-ciri komputer generasi IV adalah sebagai berikut:

a. Menggunakan teknologi Micro-Processor. Pada generasi ini, penggunaan teknologi chip diganti dengan teknologi microprocessor, dimana di microprocessor tersebut terdapat pin yang terbuat dari emas, hal ini dikarenakan emas merupakan penghantar listrik yang paling baik.

b. Kapasitas penyimpanan memori lebih besar. Yaitu menggunakan teknologi Semiconductor Chip sebagai teknologi disket untuk media penyimpanan. Kapasitasnya mencapai 1 MB.

c. Mengusung teknologi Large Scale Integration (LSI). Dimana dengan adanya LSI menyebabkan komputer mampu menghasilkan sebuah warna.

d. Masih menggunakan teknologi Magnetic-disc seperti komputer pada generasi sebelumnya.

e. Latar belakang pada layar sudah bisa diubah.

f. Dengan ukuran fisik yang kecil, disinilah awal mulanya adanya personal komputer.

5. Generasi V
Komputer generasi V

Komputer pada generasi V merupakan generasi yang kita rasakan sekarang. Adapaun ciri-ciri komputer pada generasi V (sekarang) adalah sebagai berikut:

a. Kecepatan akses datanya lebih cepat. Bagaimana tidak, perkembangan komputer dari generasi ke generasi selalu memperhatikan atau membuat kecepatan akses/mengolah data untuk yang lebih baik yaitu lebih cepat, hal ini dikarenakan sudah mengusung teknologi Multi-Processor.

b. Mengusung teknologi Multi-Processor. Komputer generasi IV sudah mengusung teknologi Micro-Processor yang membuat kinerjanya sudah lebih cepat dari generasi sebelumnya. Lalu anda sudah pasti bisa membayangkan apabila teknologi yang digunakan adalah Multi-Processor, bukan ? tentunya kecepatan akses datanya menjadi lebih bahkan sangat cepat.

c. Ukuran fisik lebih kecil dan sederhana. Hal ini ditunjukkan dengan monitor yang sudah berbentuk ramping, keyboardnya tidak terlalu tebal dan besar.

d. Gambar sudah beresolusi dan berwarna. Gambar sudah memiliki resolusi yang berpengaruh pada tingkatan kualitas gambar.

e. Adanya multimedia. Seperti; printer, joystick, scan, dan lain-lain.

f. Dijuluki sebagai Smart Computer. Karena beberapa ciri-ciri diatas.

6. Generasi VI
Komputer generasi VI

Komputer generasi VI merupakan komputer pada generasi yang akan datang. Adapun ciri-ciri komputer generasi VI adalah sebagai berikut:

a. Mengusung teknologi Vector-Processor.

b. Menggunakan Biochip. Jadi, chip bukan lagi tertanam pada komputer, melainkan pada hal biologis, seperti ditangan manusia, dan lain lain.

c. Menggunakan Programless Computer. Yaitu tidak adanya program didalam komputer tersebut, melainkan programnya menggunakan cloud atau virtual yang tersimpan di server, bukan lagi diperangkat penyimpanan komputer (meskipun tidak semuanya).

d. Dijuluki sebagai Super Computer. Karena beberapa ciri-ciri diatas.


Sekianlah penjelasan Sejarah dan Perkembangan Komputer. Terima kasih.

Berkomentarlah dengan bijak. Berilah kritik dan saran positif yang membangun.
EmoticonEmoticon