Kamis, 25 Mei 2017

Tips dan Trik Pencarian Jurnal


Menurut KBBI, jurnal adalah majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu. Jurnal juga merupakan suatu wadah penuangan tulisan dari sebuah penelitian, baik dari prapenelitian hingga pascapenelitian (hasil). Jurnal sangat berguna terutama dalam akademik, karena kita bisa mengutip jurnal sebagai bahan tambahan teori dalam penelitian/karya ilmiah kita.

Namun, sekian banyaknya jurnal yang telah terbit dalam internet. Tak sedikit orang menemukan jurnal yang relevan dengan yang dicari. Untuk itu, admin kali ini akan memberikan tips dan trik pencarian jurnal agar lebih efektif dan efisien. Simak yaa..

1. Mencari jurnal di penyedia jurnal secara online seperti :

Springer adalah situs penyedia jurnal, buku online secara berbayar. Nah jadi disini jurnalnya berbayar. Dan anda jika ingin berbisnis disini, anda bisa menjual jurnal anda disini.

b. Portal Garuda

Portal garuda adalah situs penyedia jurnal, artikel online secara gratis. Namun, syaratnya kita harus dalam keadaan login untuk bisa mengunduh jurnal/artikel.

c. Research Gate

Research Gate adalah situs penyedia jurnal online. Research gate juga merupakan seperti sosial media berbasis jurnal/artikel. Jadi kita bisa membuat profil disana dan mempublish jurnal/artikel kita. Nah disinilah kita bisa menjadi dikenal orang-orang berintelektual, karena bila jurnal kita bagus dan perlu dikaji lebih dalam, maka biasanya ada orang yang memanggil kita unutk menghadiri sebuah konferensi/lainnya untuk mengkaji lebih dalam atau sebagai pemateri. Luar biasa bukan ?

d. Google  Scholars

Google Scholar adalah situs mesin pencari jurnal, buku online secara gratis. Ya dari namanya saja kita sudah tau siapa yang membentuk ini, yaitu Google. Tidak hanya jurnal dan buku, tetapi pertanyaan juga termasuk dalam pencarian.


2. Menggunakan sedikit 'kode' tambahan pada kata kunci pencarian jurnal.

a. Terdapat sebuah 'kode' unik, spesifik, istimewa serta khas didalam sebuah jurnal, yaitu VOL. Setiap jurnal pasti memiliki VOL, kata VOL pada jurnalnya. Nah inilah kata kunci yang inti dalam mencari jurnal.

b. Jika kita ingin mencari jurnal, tentu dalam bentuk sebuah file, umumnya dalam bentuk PDF atau Doc. Itulah tipe ekstensi dari sebuah file jurnal secara umum. Untuk itu, perlu kita tambahkan 'kode' yang khusus untuk mencari sebuah file bertipe pdf atau doc. 'Kode' tersebut adalah filetype:* . Tanda * kita ganti dengan type yang ingin kita cari, yaitu pdf atau doc. Jadi, filetype:pdf atau filetype:doc.

Nah dari point a dan b tersebut, itulah 'kode' yang mesti kita masukkan dalam kata kunci pencarian. Jadi format kata kunci pencarian jurnal yang efektif dan efisien adalah :
*Tema Jurnal* vol filetype:pdf
Contoh :


Lihat ? betapa efektif dan efisiennya bila menggunakan 'kode' kata kunci tersebut. Sekian tutorial dari admin, semoga bermanfaat Teima kasih.

Berkomentarlah dengan bijak. Berilah kritik dan saran positif yang membangun.
EmoticonEmoticon